Web Dosen

Care For Better Life

Refleksi Bioetik dalam Perilaku Caring Keperawatan

01 March 2017 - dalam Health & Nursing Oleh nkalita-fkp

Bioetika  merupakan kaidah dasar moral (beneficence, non-malficence, autonomy dan justice) mencakup seluruh aspek kehidupan manusia dalam lingkup fisik, sosial, maupun kesehatan. Pelayanan kesehatan secara signifikan menekankan pada human care. Kontribusi keperawatan sebagai bagian integral pelayanan kesehatan kepada masyarakat terletak pada komitmen humancare.  Perawat perlu kemampuan  untuk memperhatikan  orang lain, ketrampilan intelektual, teknikal, dan interpersonal yang tercermin dalam perilaku caring.  Memberikan asuhan (Caring) secara sederhana  tidak hanya sebuah  perasaan emosional atau tingkah laku sederhana, karena caring  merupakan kepedulian untuk mencapai perawatan yang lebih baik. Perilaku caring berfungsi membangun struktur sosial, memahami perbedaan pendangan hidup dan nilai kultur setiap orang. Kinerja  perawat pada perilaku caring  sangat mempengaruhi mutu pelayanan kesehatan dan citra institusi. 

Caring dibangun dari faktor carative : (1)membentuk sistem nilai humanistik-altruistik; (2) menanamkan keyakinan dan harapan (faith-hope); (3) mengembangkan sensitivitas untuk diri sendiri dan orang lain: (4) membina hubungan saling percaya dan saling bantu (helping-trust); (5) meningkatkan dan menerima ungkapan perasaan positif dan negatif; (6) menggunakan proses pemecahan masalah  dengan kreatif; (7) meningkatkan belajar mengajar traspersonal;(8) menyediakan lingkungan yang suportif, protektif; (9)membantu pemenuhan kebutuhan manusia; (10) memberikan keleluasaan untuk kekuatan ekstensial-fenomenologis-spiritual. 

Caring merupakan kekuatan melindungi dan meningkatkan martabat seseoarang. Asuhan keperawatan dikembangkan melalui pemahaman nilai, keyakinan, interaksi, kultur, serta pengalaman pribadi. Keperawatan dalam lingkup kegiatan promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif yang semakin berkembang pesat seharusnya  tetap merujuk  fondasi  perilaku caring. Sinergi kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan pelayanan keperawatan  menuju  muara  meningkatnya pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

Bagaimanapun hebat, pintar, cerdasnya seorang perawat core value caring menjadi fondasi untuk semua perilaku. Ada keseimbangan  yang harmonis antara hati, otak, nalar, dan ketrampilan. Tidak hanya otak dengan volume besar akan menjadi besar kepala (sombong) atau  kondisi patologis hidrosefalus, atau tangan cekatan  bergerak tanpa   senyum sapa  seperti robot yang terprogram. Semoga menjadi makin baik  semuanya....



Read More | Respon : 0 komentar

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :