Web Dosen

Care For Better Life

Haid ( Menstruasi)

03 March 2017 - dalam Women Health Oleh nkalita-fkp

Perempuan   memasuki masa pubertas  akan  mulai mengalami siklus pengeluaran  darah dari organ kemaluan yang datang setiap bulan. Kondisi tersebut diistilahkan dengan  (datang bulan/ haid/menstruasi). Pembicaraan  tentang haid/menstruasi  sering dianggap tabu, tidak layak diungkap.  Terbatasnya informasi yang diketahui remaja perempuan  kadang menimbulkan kekhawatiran dan perilaku perilaku   kesehatan menghadapi   masa mesntruasi. Orang Tua  (ibu), anggota keluarga perempuan  yang sudah berpengalaman perlu memberikan dukungan  pada remaja di periode menstruasinya.

Haid/menstruasi bukan  pengeluaran darah yang kotor dari tubuh, tetapi peluruhan lapisan dalam rahim  karena fluktuasi hormon seiring pematangan dan  pelepasan sel telur pada perempuan yang memasuki masa produktif. 

Pengeluaran darah haid memerlukan  kesadaran lebih untuk menjaga kebersihan organ  genitalia. dengan mengganti  pembalut secara teratur, cara cebok yang benar. 

Adanya haid, juga menggambarkan seorang perempuan  secara fisik siap untuk fungsi reproduksi, sehingga perlu antisipasi dalam pergaulan  karena kesiapan fisik perlu dibarengi kesiapan mental, sosial untuk bertanggung jawab. 



Read More | Respon : 0 komentar

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :