Web Dosen

Care For Better Life

Religius vs Spiritual

03 March 2017 - dalam Speak For Peace Oleh nkalita-fkp

Indonesia  dikenal sebagai bangsa yang religius, tempat ibadah ada di mana- mana, semua penduduk beragama tertulis jelas pada Kartu Tanda Penduduk, namun korupsi, upaya menguntungkan pribadi, kejahatan terus terjadi, fitnah merajalela. Mungkin kita terpaku pada religius...bukan spiritual. 

Orang Religius, adalah orang yang agamis, rajin ibadah, dari penampilannya terlihat simbol- simbol agama. 

Orang Spiritualis adalah orang yang baik bukan hanya dalam menjalankan perintah agama atau di tempat ibadah saja,  tetapi ia baik dimanapun berada. 

Perbedaan Religius dengan Spiritualis :

1. Orang religius adalah orang yang percaya bahwa  Tuhan itu ada, Orang Spiritual adalah orang  yang percaya tuhan itu hadir.  Orang melakukan perbuatan tidak baik karena ia berfikir  Tuhan hanya ada, tapi tidak hadir.. Sedangkan  orang spiritual berfikir bahwa Tuhan ada di manapun ia berada. 

2. Orang religius adalah orang yang merasa paling suci dan paling benar. Orang spiritual  adalah orang yang  melihat semua orang setara, semua punya kelebihan dan kekurangan. 

3. Orang religius adalah orang  yang mudah melihat perbedaan, dan sensitif  dengan perbedaan. Orang spiritual  adalah orang yang mudah melihat persamaan, mau menerima perbedaan , mau mendengarkan orang lain. 

4. Orang religius, menekankan pada simbol- simbol dan ritual agama, Orang spiritual adalah orang yang menyembunyikan ibadahnya dari orang lain, dan mempraktikkan keagamaannya di manapun dan kapanpun. 

5. Orang Religius adalah orang yang baik dalam urusan ibadah, namun orang spiritual  adalah orang  yang  baik dalam semua urusan karena  menganggap semua urusan adalah ibadah. 

Copy dari tulisan  seseorang "anonim"



Read More | Respon : 1 komentar

1 Komentar

yusuf

pada : 05 March 2017


"Hehe.. bagus tulisannya...
teruskan update untuk meningkatkan user blog dosen yaaa
makasih"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :